Usung Tema “Toron Tana” siswa-siswi UPTD SDN Demangan 2 Bangkalan tampil memukau

Kembali, siswa-siswi UPTD SD Negeri Demangan 2 Bangkalan tampil memukau dihadapan tamu undangan karnafal 2023. Dalam gelarannya karnafal ini dilaksanakan Kamis 3 Agustus 2023 dari jam 9 pagi hingga siang hari. Kemudian dilanjut dengan karnafal tingkat SLTP dan SMA.

Dalam pertunjukannya, peserta saat start diberikan waktu maksimal  3 menit untuk atraksi tema yang diusung dengan kesesuaian tema yang diambil dengan juknis lomba. Tema yang ditentukan oleh panitia pertajuk tentang Seni Budaya Daerah Bangkalan dan/atau inovasi teknologi yang berkembang saat ini.

Untuk UPTD SDN Demangan 2 sendiri mengangkat tema “Toron Tana”. Dimana tradisi Toron Tana merupakan tradisi yang dilakukan oleh para orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan baik.

Tradisi Toron Tana dilaksanakan dengan harapan seorang anak bisa berbakti kepada kedua orangtua dan berguna bagi nusa dan bangsa.  Tradisi toron tana bagi orangtua menjadi salah satu perantara berdoa agar umur anaknya senantiasa diberkati oleh Sang Maha Pencipta. Sebagian masyarakat Madura mengistilahkan dengan tradisi Toron Tana (Turun Tanah). Sementara, di kalangan masyarakat Jawa, tradisi ini dikenal dengan istilah Tedak Siten.

Usai atraksi pertunjukan tema yang di angkat di garis start, peserta kemudia berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan oleh panitia. Sambutan para penonton sangat meriah, karena baru pertama ini digelar kembali karnafal setelah sebelumnya terhenti sejak bencana Covid19.

Semoga kedepannya acara karnafal seperti ini dapat dikemas kembali dengan nuasa yang lebih fresh dan tentunya bernilai budaya, mengangkat budaya-budaya daerah bangkalan tapi juga mengedepankan perubahan tekhnologi modern.

Terimakasih buat segenap peserta terutama walimurid atas dukunnganya buat acara karnafal ini, sehingga kami UPTD SDN Demangan 2 dapat ikut berpartisipasi dalam acara yang diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78. Jaya terus buat UPTD SD Negeri Demangan 2 Bangkalan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top